EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DIBANDINGKAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C SISWA DI SMP NEGERI 4 PURWOREJO

Fika Damayanti

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendektan saintifik dibandingkan dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan keterampilan 4C siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo dengan jumlah 256 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak 72 siswa menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif, uji prasayat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan keterampilan 4C siswa dengan dengan nilai koefisien sig sebesar 0,001. Hal tersebut berarti penerapan pendekatan saintifik lebih efektif dibandingkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan keterampilan 4C siswa.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pendekatan Kontekstual, Keterampilan 4C, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com