HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA DI SMP NEGERI 1 CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG

Melina Widhi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pendapatan orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Candiroto. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 1 Candiroto dengan jumlah 657 siswa sedangkan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan hasil sebanyak 243 siswa. Sampel yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan studi dokumentassi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis diskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendapatan orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,61 > 0,05) dan terdapat hubungan yang kuat. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pendapatan orang tua tergolong sedang yang memiliki pekerjaan mayoritas sebagai petani, sedangkan motivasi belajar siswa tergolong pada kategori sedang.

Kata kunci : Pendapatan Orang Tua, Motivasi Belajar, IPS


Full Text:

PDF

References


Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rahmatang, I., Muliadi, M., & Sudarto, S. (2017). Hubungan antara Besar Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Gugus

JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 125-133.

Saliman, & Isnani. (2018). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTS Yapi Pakem Sleman. OJS (Open Journal Systems), 1-16.

Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Qura, 6(2), 20-35.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Smpn1candiroto.sch.id. (2019, 24 September). Sejarah. Diakses pada 23 Juni 2022 dari https://smpn1candiroto.sch.id/profil/sejarah/.

Sudrajat, & Arifa, I. (2021). Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar IPS di Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 8(1), 1-14.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti & Armiyati. 2014. Implementasi Pendidikan karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia). 1(1),21

Wardani, D S. (2017). Hubungan Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Sarjana Pendidikan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com