Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Simulation Games Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kajen

Jihan Khorida

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran berbasis simulation games terhadap keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kajen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII E sampai VIII H sebanyak 128 peserta didik. Sampel penelitian diambil dua kelas (eksperimen dan kontrol) dengan teknik random sampling dan total sampel berjumlah 50. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan untuk menguji efektivitas menggunakan rumus Cohen’s d effect size. Hasil penelitian adalah terdapat efektivitas metode pembelajaran simulation games terhadap keaktifan peserta didik. Hasil uji-t sebesar 4,356 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen (metode simulation games) sebesar 76,04 lebih tinggi dibandingkan peserta didik kelas kontrol (metode ceramah) yaitu sebesar 66,40. Hasil dari uji effect size diperoleh sebesar 1,232 (efek yang besar), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dan untuk membuat peserta didik lebih aktif, sebaiknya guru menggunakan metode simulation games.

Kata kunci: Metode Simulation Games, Keaktifan Peserta Didik.


Full Text:

PDF

References


Cohen, J. (1988). Statistical power

analysis for the behavioral sciences

(2nd ed.). The United States of

America: Lawrence Erlbaum

Associates.

Fajrin, F., & Rudi Salam. (2020).

Efektivitas pembelajaran IPS

menggunakan model pembelajaran

tutor sebaya plus pada siswa kelas

VIII SMP Negeri 7 Semarang.

Jurnal Sosiolum, 2, 54 – 62.

Haidir & Salim. (2012).

Strategi

pembelajaran. Medan: Perdana

Publishing.

Hanifah, E. N., & Taat Wulandari. (2018).

Penggunaan metode card sort

untuk meningkatkan keaktifan

siswa dalam pembelajaran IPS

kelas VIII E SMP Negeri 1

Majalengka. JIPSINDO, 5, 61 – 80.

Izzaty, R. E., Siti P. S., Yulia, et al. (2007).

Perkembangan peserta didik.

Yogyakarta: Universitas Negeri

Yogyakarta.

Putri, Z. (26 Juli 2020). Survey

Kemendikbud: siswa sulit pahami

pelajaran saat belajar jarak jauh.

Detiknews, hlm. 1. Diakses pada 6

April 2022 melalui

https://news.detik.com/berita/d-

/survei-kemendikbudsiswa-sulit-pahami-pelajaran-saatbelajar-jarak-jauh

Ramayulis. (2012).

Metodologi

pembelajaran pendidikan agama

islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sanjaya, W. (2006).

Strategi

pembelajaran. Jakarta: Kencana

Persada Media.

Sardiman. (2003). Interaksi dan motivasi

belajar mengajar. Jakarta: Rajawali

Press.

Suryani, E., & Aman. (2019). Efektivitas

pembelajaran IPS melalui

implementasi metode

jigsaw

ditinjau dari aktivitas dan hasil

belajar siswa. Jurnal Harmoni

Sosial, 6, 34 – 48.

Tsauri, S. (2014). Manajemen kinerja.

Jember: STAIN Jember Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com