HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GOOGLE FORMULIR DENGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP N 1 SEYEGAN

Grafita Ari Pramudiya, Grafita Ari Pramudiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  penggunaan Google Formulir dengan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Seyegan. Sejak pembelajaran dilaksanakan secara daring, guru memilih Google Formulir sebagai media penilaian dalam proses pembelajaran. Penggunaan Google Formulir dihubungkan dengan motivasi dan hasil belajar siswa karena terdapat hubungan antara penggunaan Google Formulir dengan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 1 Seyegan dengan jumlah 577 siswa. sedangkan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan hasil 192 siswa. Sampel yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan Google Formulir dengan motivasi belajar yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa perolehan Pearson Corellation sebesar 0.633 dan terdapat hubungan yang sangat kuat antara penggunaan Google Formulir dengan hasil belajar siswa dengan perolehan Pearson Corellation sebesar 0.693.

Kata kunci : Google Formulir, motivasi, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Alsa, A. (2004). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amalia, (2019). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V. http://prosiding.arab-um.com.

A.M, Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Batubara, H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Islam vol 8, nomor 1, Juni 2016; ISSN: 2085-0034. https://jurnal.albidayah.id.

Fatimah, dkk. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa SMAN 1 Gedangan. Jurnal Psikologi Pendidikan, Vol 4. No. 3.

Firmansyah, E. (2009). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 6, nomor 1, april 2009.

Normalita, A. (2013). Hubungan Antara Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII dalam Mata Pelajaran Seni Budaya. Universitas Negeri Yogyakarta.

Palittin, dkk. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Septiawan, F. (2020). efektivitas Penggunaan Google Form dalam Pembelajaran Daring di SMK Negeri 1 Koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 7 (02).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung

Sudrajat, & Arifa, I. (2021). Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar IPS di Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 8(1), 1-14.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Umniah, H. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MA Ma’Arif 1 Punggur. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Widodo, T. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Solo:UNS Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com