PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS MATERI PENGUATAN EKONOMI MARITIM DAN AGRIKULTUR DI INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

hestin ayunitia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik (e-modul) sebagai sumber belajar IPS pada materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, penilaian guru IPS, tanggapan peserta didik kelompok kecil dan tanggapan peserta didik kelompok besar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan oleh guru IPS dan peserta didik, tahap pertama yakni uji coba kelompok kecil yang melibatkan 15 peserta didik dan tahap kedua yakni uji coba kelompok besar yang melibatkan peserta didik dalam satu kelas berjumlah 28 peserta didik di SMP Negeri 2 Piyungan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan a) validasi dari ahli materi dengan rerata skor 4,35 atau kategori “sangat baik”, b) validasi ahli media memperoleh rerata skor 3,92 atau kategori “baik”, c) penilaian oleh guru IPS memperoleh rerata skor 4,74 atau kategori “sangat baik”, d) tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh rerata skor 4,58 atau kategori “sangat baik”, e) tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok besar memperoleh rerata skor 4,24 atau kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut rerata skor keseluruhan memperoleh 4,36 dengan kategori “sangat baik” dan dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: Sumber Belajar, E-modul, Pengembangan, IPS


Full Text:

PDF

References


Aisyah N. & Sudrajat (2019). Pemanfaatan media pembelajaran oleh guru IPS SMP di Kota Yogyakarta. Jipsindo. No. 2 Volume 6.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hanifah, E. N. & Wulandari, Taat. (2018). Penggunaan metode card sort untuk meningkatkan ke-aktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. Jipsindo. No. 1, Volume 5.

Hidayat, F. (2021). Survei populix: pandemi mendorong anak-anak beradaptasi dengan teknologi. https://www.beritasatu.com.amp/digita l/835085/survei- populix pandemi-mendorong-anakanak- beradaptasi-dengan-teknologi. Diakses pada 21 Februari 2022.

Hidayat, Reja. (2020). Stress, burnout, jenuh: problem siswa belajar daring selama covid 19. https://tirto.id/stres-burnout-jenuh-problem-siswa belajar-daring-selama-covid19f3ZZ. Diakses pada 18 Februari 2021.

Laili, I., Ganefri & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 3 Nomor 3.

Milhani, Yuhanida. (2017). Keefektivan model pembelajaran student teams achievement dividion dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Jipsindo No. 2, Volume 4.

Milhani, Yuhanida. (2021). Pembentukan karakter melalui outdoor learning dalam pembelajaran IPS. Jipsindo Vol.8. No. 1.

Mulyani. (2018). Riset cambridge: pelajar Indonesia pengguna teknologi tertinggi dibidang pendidikan.https://www.google.co m/amp/s/news.okezone.com/amp/2018/11/21/65/198696/riset- cambridge-pelajar-indonesia-pengguna-teknologi-tertinggi-dibidang- pendidikan. Diakses pada 24 Mei 2021.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang mulyatiningsih mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. Diakses pada 24 Maret 2021.

Nahrullah, N. (2021). Survei: 66,0 persen publik setuju teknologi bantu pendidikan. https://www.google.com/amp/s/m.r epublika.co.id/amp/qsbmo5320.Diakses pada 10 Desember 2021.

Nasiwan, Wijayanti, A. T., & Sudrajat. (2017). Profesionalisme Guru IPS SMP Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jipsindo. No. 2, Volume 4.

Nelawati, U & Saliman. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. Jipsindo. Vol. 8 No. 2.

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 65 tahun 2013.

Peraturan Pemerintah. (2010). Peraturan Pemerintah tentang penyelenggaraan Pendidikan nomor 17 tahun 2010.

Putri, Zunita. (2020). Survei kemdikbud: siswa sulit pahami pelajaran saat belajar jarak jauh. https://news.detik.com/berita/d-5108510/surevi-kemdikbud-siswa-sulit-pahami-plajaran-saat-belajar-jarak-jauh. Diakses pada 5 April 2021.

Rosardi, R. G. & Supardi. (2021). Perencanaan pembelajaran IPS Integratif. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Sudrajat. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. Jipsindo. Vol. 8 No. 2.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Supardi & Widiastuti, Anik. (2014). Pemanfaatan laboratorium IPS SMP. Jipsindo No. 2, Volume 1.

Supardi, Widiastuti, A. & Saliman. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Audiovisual. Jipsindo No. 1 Volume 2.

Suparmini, Sudrajat, Wibowo, S. (2015). Strategi cooperative learning sebagai peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP. Jipsindo No 2 Volume 2.

Suryani, N., Setiawan, A. & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.

Undang-undang. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional kurikulum No. 20 tahun 2003 pasal 37.

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijayanti, A. T. & Armyati, L. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD PB Soedirman, SD N Dukuh 09 Pagi, SD N Susukan 06). Jipsindo No. 1, Volume 1

Wulandari T., & Wijayanti, A. T. (2016). Persepsi peserta didik tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP se- kecamatan Kretek, Bantul. Jipsindo No. 1, Volume 3

Wulandari, T., Supardi, Nasiwan, et al. (2018). Identifikasi problematika pembelajaran IPS (kajian di SMP N 5 Yogyakarta, SMP N 8 Yogyakarta, dan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta). Laporan Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com