PENGELOLAAN SAMPAH OLEH SISWA KELAS VIII MELALUI BANK SAMPAH Di MTs

Royyan Hukma Iqbali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kondisi sosial masyarakat terdampak relokasi pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Desa Glagah, (2) Kondisi ekonomi masyarakat terdampak  relokasi pembangunan Bandara YIA di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan model penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo pada bulan Juli 2018-Agustus 2019. Subjek penelitian ini adalah Kepala Desa Glagah, Kepala Dusun Kepek, Kepala Dusun Bapangan dan masyarakat Desa Glagah terutama Dusun Kepek dan Dusun Bapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dilakukan dengan tiga macam teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi sosial masyarakat terdampak relokasi pembangunan Bandara YIA di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo yaitu (a) Kondisi pendidikan masyarakat Desa Glagah tidak mengalami perubahan yang signifikan, (b) Kondisi organisasi sosial di Desa Glagah masih aktif tetapi kegiatannya belum maksimal, (c) Kondisi tingkat kepuasan masyarakat Desa Glagah merasa lebih puas dengan fasilitas hunian dan insfrastruktur, (d) Hubungan sosial masyarakat Desa Glagah sebelumnya terdapat konflik yang tidak terlalu berpengaruh namun setelah adanya relokasi hubungan sosial masyarakat berjalan dengan  baik, (e) Perilaku dan sikap masyarakat Desa Glagah mengalami perubahan setelah adanya relokasi yaitu masyarakat lebih konsumtif, lebih modern dan juga meningkatnya status sosial. (2) Kondisi ekonomi masyarakat terdampak relokasi pembangunan Bandara YIA di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo yaitu (a) Kondisi mata pencaharian masyarakat Desa Glagah mengalami perubahan, (b) Kondisi pendapatan masyarakat di Desa Glagah rata-rata mengalami penurunan, (c) Kondisi kakayaan yang dimiliki masyarakat di Desa Glagah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, (d) Kondisi pengeluaran masyarakat di Desa Glagah mengalami peningkatan, (e) Kondisi aksesibilitas masyarakat di Desa Glagah dari tempat relokasi menuju tempat umum cukup dekat dan jalan ditempat relokasi sudah tertata dengan baik dan bagus.

Kata kunci: Kondisi Sosial, Kondisi Ekonomi, Relokasi Pembangunan Bandara.


Full Text:

PDF

References


Alex, S. (2015). Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik.Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Manik. (2003). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta : Djambat.

Mulyani, E., Nurseto, T., & Widiastuti, A. (2015). Studi Eksplorasi Implementasi Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Sesuai Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Sleman. Yogyakarta: LPPM UNY diambil 9/19/2019 dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=r+mulyani&bt-nG=#d=gs_qabs&u%23p%3Dero93nAuN8cJ

Sucipto, C.D. (2012). Tekonologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta : Goysen.

Suwerda, B. (2012). Bank Sampah Kajian Teori dan Penerapan. Yogyakarta : Rihama-Rohima.

Soyomukti, N. (2010). Teori-Teori Pendidikan: Tradisional,(neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern. Yogyakarta: Arr Ruzz Media Group.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 diambil 9/19/2019 dari https://www.bphn.go.id

Wibowo, S & Sudrajat. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama, Jipsindo, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com