POTENSI HUTAN MANGROVE PANTAI PASIR KADILANGU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP

Elsa Anggiyanti

Abstract


Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu merupakan salah satu kawasan mangrove yang berada di Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Potensi Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu sebagai sumber belajar IPS SMP (2) Kesesuaian Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu sebagai sumber belajar IPS SMP.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juli 2019. Subjek penelitian ini adalah tiga guru IPS SMP dan kepala pengelola hutan mangrove melalui wawancara secara mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu memiliki potensi untuk digunakan sebagai sumber belajar karena terdapat objek yang relevan dengan materi IPS SMP (2) Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu sesuai dan dapat digunakan sebagai sumber belajar karena telah memenuhi kriteria pemilihan sumber belajar sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS SMP.

Kata Kunci: Potensi, Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, sumber belajar, IPS


Full Text:

PDF

References


Hamzah, & Nurdin, M. (2012). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Harahap, R.H. & Subhilhar. (1998). Partisipasi Pengelolaan laut dan Perikanan (pesisir) Mangrove. Diakses pada tanggal 30 Desember 2018 dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/18658/Reference.pdf;sequence=2.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2018

Majdi, & Effendi, U.Y. (2007). Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media

Milhani, Y. (2017). Keaktifan Model Pembelajaran Student Teams Achievments Division dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. JIPSINDO, 4 (2), 101-129.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (2014). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press

Prihadhi, & Endra, K. (2004). My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo

Siregar, N & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Suhardi. (2007). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Jurdik. Biologi FMIPA UNY

Sudjana, N & Ahmad Rivai. (2007). Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparmini, dkk. (2015). Strategi Cooperatif Learning Sebagai Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di SMP. JIPSINDO, 2 (2), 120-142

Thalib, M.F. (2008). Struktur dan Pola Zonasi Mangrove serta Makrozoobenthos yang Berkoesksistensi di Tanah Merah dan Oebelo Kecil Kabupaten Kupang. Jurnal Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan IPB

Wijayanti, A.T, & Larly, A. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD PB Soedirman, SD N Dukuh 09 Pagi, SD N Susukan 06). JIPSINDO, 1 (1). 20-38

Wulandari T, dkk. (2016). Persepsi Peserta Didik Tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di SMP Se-Kabupaten Bantul. JIPSINDO No. 1, Volume 3, Maret 2016 Pendidikan IPS FIS Universitas Negeri Yogyakarta diakses pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/issue/view/1129 20 September 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com