IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK

Anggi Septi Amalia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) upaya meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ngemplak pada mata pelajaran IPS menggunkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement division (STAD), (2) peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ngemplak pada mata pelajaran IPS menggunkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement division (STAD).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ngemplak semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunkan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu keaktifan belajar siswa dikatakan berhasil apabila diperoleh rata-rata persentase sebesar 70% dari jumlah siswa dalam satu kelas yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa minimal 75% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar IPS kelas VII C SMP Negeri 2 Ngemplak menggunkan model pembelajaran Student Teams Achievement division (STAD) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: pembagian kelompok, menentukan skor awal, membangun kelompok, pemaparan materi, belajar kelompok, mengerjakan kuis, menghitung skor individu dan kelompok, merekognisi prestasi kelompok, dan mengembalikan hasil kuis, dengan menekankan pada diskusi kelompok, kecakapan individu dan mengerjakan kuis. (2) Penggunaan model pembelajaran ini meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VII C pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngemplak. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 61,48% mengalami peningkatan menjadi 75% pada siklus II. Hasil belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74.81 dengan presentase ketuntasan 63% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 83.53 dengan presentase ketuntasan sebesar 91%.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S,B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bineka Cipta

Fauzi. (Kamis, 7 Juni 2018). Bank Dunia: Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Rendah. Diakses dari https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180607113429-284-304214/bank-dunia-kualitas-pendidikan-indonesia -rendah diakses pada Rabu, 19 Desember 2018 pukul 14.35 WIB

Hanifah & Wulandari. (2018). Penggunaan Metode Card Short untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. Yogyakarta: JIPSINDO No. 1, Volume 5, Maret 2018. Diakses dari diglib.uny.ac.id

Isjoni. (2012). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Milhani. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Yogyakarta: JIPSINDO No. 2, Volume 4, September 2017. Diakses dari diglib.uny.ac.id

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah pembelajaran

Permendikbud Nomor 64 tahun 2013 tentang standar isi

Slavin, R.E. (2011). Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. (Terjemahan Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media. (Edisi asli diterbitkan tahun 2005 oleh Allymand Bacon).

Supardi. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Suparmini, Sudrajat & Wibowo. (2015). Srategi Cooperative Learning Sebagai Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di SMP. Yogyakarta: JIPSINDO No. 2, Volume 2, September 2015. Diakses dari diglib.uny.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com