Sikap Peserta Didik SMP Negeri di Kota Yogyakarta terhadap Keberagaman Masyarakat

Dewi Fatihatul Khoiriyah, Taat Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap peserta didik SMP Negeri di Kota Yogyakarta terhadap keberagaman masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Pengambilan sample menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah komponen sikap. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik menggunakan teknik kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik SMP Negeri di Kota Yogyakarta memiliki sikap yang sangat baik terhadap keberagaman masyarakat. Adapun pada setiap komponen sikap adalah sebagai berikut: (1) komponen kognitif, mayoritas peserta didik mengetahui dan memahami bahwa keberagaman masyarakat merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai; (2) komponen afektif, mayoritas peserta didik merasa senang dan bangga akan keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia maupun lingkungan tempat tinggal dan belajar; (3) komponen konatif, mayoritas peserta didik menghormati serta mengapresiasi keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia maupun di lingkungan tempat tinggal dan belajar.

Kata kunci: sikap, keberagaman masyarakat, SMP Negeri di Kota Yogyakarta


Full Text:

PDF

References


Armando, N.M. (2019). Modul psikologi komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Faiz. (2015). Kebijakan diskriminatif di yogyakarta. Diakses melalui http://komnasham.go.id/index.php/news/2015/9/23/204/kebijakan-diskriminatif-di-yogyakarta.html

Halili. (2018). Melawan intoleransi di tahun politik: kondisi kebebasan beragama/berkeyakinan di Indonesia tahun 2018. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara.

Morissan. (2015). Metode penelitian survei. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Putro, Z.A. (Juli 2010). Ketahanan toleransi orang jawa: studi tentang yogyakarta kontemporer. [Versi Elektronik]. MASYARAKAT, Jurnal Sosiologi, 15, 15-36.

Rustanto, B. (2016). Masyarakat multikultur di Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Saliman, Widiastuti, A., Wulandari, T. (2013). Persepsi dan sikap mahasiswa terhadap pendidjkan karaktek di prodi pendidikan IPS UNY. [Versi Elektronik]. Socia, Vol. 10 No. 2, 139-146.

Saliman, Wulandari, T., Mukminan. (2014). Model pendidikan multikultural di sskolah pembauran Medan.[Versi Elektronik]. Cakrawala Pendidikan, XXXIII, 392-401.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidjkan Nasional. (2004). Batlibang-Depdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com