Pengaruh Intensitas Partisipasi Pembelajaran Daring melalui Learning Management System (LMS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Anisyah Farizky Sucianto

Abstract


PENGARUH INTENSITAS PARTISIPASI PEMBELAJARAN DARING
MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERHADAP HASIL
BELAJAR PESERTA DIDIK
Anisyah Farizky Sucianto
Universitas Negeri Yogyakarta
anisyahfarizky@gmail.com
Abstrak
Intensitas partisipasi pembelajaran merupakan salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas partisipasi pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Split Half. Hasil penelitian, diketahui bahwa intensitas partisipasi pembelajaran daring melalui LMS berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII semester 2020/2021 di SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Hal tersebut berarti menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi 22,93% oleh intensitas partisipasi pembelajaran daring melalui LMS dan 77,07% oleh faktor lain. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dan pengawasan dari berbagai pihak untuk dapat memaksimalkan intensitas partisipasi pembelajaran daring melalui LMS.

Kata Kunci: Intensitas Partisipasi, Pembelajaran Daring, Learning Management System 


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang. (2020). Hasil survey efektivitas dan kendala pembelajaran online kabupaten magelang. Diambil pada taggal 20

April 2021, dari https://magelangbps.go.id

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Donaldson, S. I. & Neff, K. S. (2013). Teaching psychology online: tips and strategies for success. Amerika Serikat: Taylor & Francis.

Haryudi. (2021, Oktober 30). Evaluasi PJJ, kemendikbud: ada penurunan nilai hasil belajar siswa. Diambil pada tanggal 30 Oktober 2021, dari Sindonews Edukasi: https://edukasi.sindonews.com/read/312472/212/evaluasi-pjj kemendikbud-ada-penurunan-nilai-hasil-belajar-siswa-1611496889

Herlina, D. & Syarif, S. (2014). Peningkatan partisipasi belajar melalui metode bercakap-cakap pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Pendidikan, 1-10.

Hrastinski, S. (2009). A theory of online learning as online participation. Computers & Educations, 52(1), 78-82.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Diambil pada tanggal 18 April 2021, dari kemdikbud.go.id:

https://www.kemdikbud.go.id/.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah

Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

Luxiana, K. M. (2021, Juni 05). PGRI: Pembelajaran jarak jauh turunkan

hasil belajar siswa. Diakses pada tanggal 30 Otober 2021, dari detikNews: https://news.detik.com/berita/d-5594510/pgri-pembelajaran-jarak-jauh-turunkan-hasil-belajar-siswa/2

Mustajab & Sriyono. (2013). Penerapan metode pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan partisipasi belajar peserta didik kelas VIIIA S MP Negeri 2 Karanggayam. Jurnal Radiasi, 37.

Saliman. (2015). Bentuk-bentuk kenakalan siswa SMP di Yogyakarta.

JIPSINDO, 2(2), 179-201. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i2.7781

Sardiman. 2012. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alabeta, cv.

Wulandari, T. & Wijayanti, A. (2016). Efektivitas model CTL dan model PBL terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Volume 3, No 2, 113. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.790


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com