SMART JAMAAH SEBAGAI STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ERA SOCIETY 5.0 DI MASJID JAMI’ AT-TAQWA MINOMARTANI

Herdianto Widyandaru

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan masjid Jami’ At-Taqwa Minomartani dalam membentuk nilai-nilai karakter era Society 5.0, khususnya strategi masjid Jami' At-Taqwa Minomartani dalam mewujudkan Smart Jamaah pada era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini, terdiri dari: pengurus takmir masjid Jami’ At-Taqwa Minomartani, santri, dan jamaah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa masjid Jami’ At-Taqwa Minomartani melaksanakan pengelolaan secara efektif dan efisien. Kemudian, program kegiatan masjid Jami’ At-Taqwa Minomartani telah berusaha membentuk nilai-nilai karakter kepada jamaah dengan menerapkan penggunaan teknologi dan media sosial. Hal tersebut, menandakan bahwa terdapat strategi untuk membentuk Jamaah Cerdas atau Smart Jamaah pada era Society 5.0 di masjid Jami’ At-Taqwa Minomartani.


Kata kunci: Pengelolaan Masjid, Nilai-Nilai Karakter, Era Society 5.0


Full Text:

PDF

References


Admin republika.co.id. (2014). Masih Banyak Masjid Dikelola tak Profesional. Diakses pada tanggal 4 Maret 2021 pukul 21.12 WIB dari https://republika.co.id/berita/koran/khazanah-koran/nfzumq11/masih-banyak-masjid-dikelola-tak-profesional

Annur, C.M. (2020). Daftar Kejahatan Siber yang Paling Banyak Dilaporkan ke Polisi. Diakses pada tanggal 4 Maret 2021 pukul 11.22 WIB dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/08/daftar-kejahatan-siber-yang-paling-banyak-dilaporkan-ke-polisi

Anwar, R.N.; Wardani, L.A.; Vitriana, U. (2019). Pengelolaan Masjid Kampus Sebagai Pusat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Universitas PGRI Madiun. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam vol. 2 no. 2 hlm. 135-140 Universitas PGRI Madiun

Dahrul. (2010). Strategi Pembelajaran Alternatif. Jurnal Pendidikan Islam SULUH vol. 3 no. 2 hlm. 61-72 Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional

Febriastuti, S. (2020). Dikecam, Siswa SMK di Bogor Beri Komentar Cabul saat Guru Lagi Live Instagram. Diakses pada tanggal 2 April 2021 pukul 16.20 WIB dari https://www.minews.id/viral/dikecam-siswa-smk-di-bogor-beri-komentar-cabul-saat-guru-lagi-live-instagram

Harayama, Y. (2017). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Hitachi Review vol. 66 no. 6 hlm. 8-13 Council for Science, Technology and Innovation, Cabinet Office, Japan

Hartati, Y. (2018). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sosial Humaniora vol. 9 no.1 hlm. 80-89 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Bogor

Hidayat, A. & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba

Indartono, S. (2016). Pengantar Manajemen: Character Inside. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Jabar, C.S.A.; P., L.D.; Yuliana, L.; Sutapa, M.; Niron, MD; Bustari, M.; Wahyuningrum, MM.; P., N.A.; Isbianti, P.; Utari, R.; Raharja, S.; Lestari, S.; Sudiyono; Suyud; Rahmawati, T.; Wibowo, U.B.; Wijayanti, W. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Jamroni; Pasir, S.; Prasetyo, AB E.; Al-Katitanji, F.; Wahyudi, T.; Supriyadi, A.; Fahmi, K.; Thohuri, A.; Hakki, N. (2017). Da’watuna: Panduan Ibadah & Dakwah Praktis bagi Mahasiswa untuk Pengabdian Masyarakat. Yogyakarta: Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI UII)

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nawai, F.A. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing

Putra, P.H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman vol. 19 no. 2 hlm. 99-110 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Wibawa, R.P. & Agustina, D.R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Equilibrium vol. 7 no. 2 hlm. 137-141 Universitas PGRI Madiun

Wibawa, S. (2019). Pidato Rektor pada Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Yogyakarta: Inovasi Pendidikan untuk Indonesia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Yasin, M. (2019). Efektivitas Pengelolaan Masjid sebagai Sarana Pendidikan di Masjid Al-Musannif Deli Serdang. HIJRI - Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman vol. 8. no. 1. hlm. 54-67 Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan FITK UIN-SU


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com