PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 1 MUNTILAN

Irfan Naufal Fadlhurrahman, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pelaksanaan pembelajaran IPS secara daring selama pandemi COVID-19 di SMP N 1 Muntilan. Tujuan tersebut dibagi menjadi tiga aspek antara lain: (1) untuk mengetahui gambaran proses tahapan pelaksanaan pembelajaran IPS, (2) mengetahui kelebihan dan manfaat pembelajaran daring, (3) mengetahui seberapa tinggi hambatan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran IPS secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional survey. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII dan IX di SMP N 1 Muntilan. Sampel penelitian berjumlah 200 yang ditentukan dengan rumus Taro Yamane, selanjutnya sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan pembelajaran IPS secara daring di SMP N 1 Muntilan termasuk ke dalam kategori baik. Hal tersebut dapat diketahui dari setiap aspek yang diteliti. Pada aspek tahapan pelaksanaan pembelajaran IPS, 63,5% subjek penelitian merasa sudah terlaksana dengan baik. Pada aspek kelebihan dan manfaat belajar secara daring, sebagian besar subjek penelitian merasa pembelajaran daring memiliki manfaat yang baik dengan persentase 63%. Pada aspek hambatan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran IPS secara daring, termasuk ke dalam kategori hambatan sedang dengan persentase 38,5%.

Kata kunci: proses pelaksanaan pembelajaran, IPS, daring, hambatan pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Negara, H. R., Parihin, Sahrizal Fahlawi, & Fadli, H. (2021). Identifikasi Hambatan Belajar Online Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 (Study Kasus: di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA) 4(1), 145-154.

Azwar, S. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fuadi, T. M., Musriandi, R., & Suryani, L. (2020). COVID-19: Penerapan Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan 4( 2), 192-200.

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten Magelang. (2021, Juli 3). Instruksi Bupati Magelang Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Kabupaten Magelang. Diambil kembali dari https://jdih.magelangkab.go.id/berita/detail/143/instruksi-bupati-magelang-nomor-2-tahun-2021-tentang-ppkm-darurat-covid-19-di-kabupaten-magelang (diakses 14 Juli 2021 pukul 13:00 WIB)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran No 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7(3), 145-150.

Pratiwi , N. I., & Lestari, P. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran IPS di Kelas Berprogram Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 31 Semarang. Sosiolium 2(2), 118-124.

Ranti, S., Maidarman, Hermanzoni, & Mardela, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Patriot 2(4), 1019-1035.

Rosardi, R. G., & Supardi. (2021). Perencanaan Pembelajaran IPS Integratif. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic. BIODIK 6(2), 214-224.

Simanjuntak, H. (2021). Analisis Hambatan Pelaksanaan Pembelajaran Online di SDN 065854 Medan Helvetia serta Solusinya. Jurnal Dirosah Islamiyah 4(1), 20-26.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.

Sudrajat, & Arifa, I. (2021). Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar IPS di Kota Mungkid,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com