STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP JOANNES BOSCO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi penanaman nilai - nilai multikultural di SMP Joannes Bosco. Pendidikan multikultural dan penananaman nilai – nilai multikultural merupakan solusi untuk meminimalisir konflik melalui penerapan strategi pendidikan yang memanfaatkan berbagai keberagaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan subjek penelitian dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model Miles & Hubberman yang terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: strategi penanaman nilai multikultural di SMP Joannes Bosco ditanamkan melalui 5 (lima) cara yaitu dengan (1) menentukan target nilai - nilai multikultural yang ditanamkan di sekolah. (2) memberikan penghargaan sekolah kepada peserta didik yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik. (3) membuat peraturan sekolah yang menunjang penanaman nilai – nilai multikultural. (4) penggunaan slogan sekolah yang mengandung nilai – nilai multikultural. (5) membuat poster sekolah yang mengandung nilai – nilai multikultural.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________