STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP JOANNES BOSCO

Reza Ajeng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi penanaman nilai - nilai multikultural di SMP Joannes Bosco. Pendidikan multikultural dan penananaman nilai – nilai multikultural merupakan solusi  untuk meminimalisir  konflik  melalui  penerapan  strategi  pendidikan  yang memanfaatkan berbagai keberagaman. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  dengan  pendekatan  studi  kasus.  Pemilihan subjek penelitian  dilakukan  menggunakan  teknik  purposive  sampling. Pengumpulan  data  melalui observasi,   wawancara,   dan   dokumentasi.  Keabsahan   data   menggunakan   triangulasi   teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model Miles & Hubberman yang terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: strategi penanaman nilai multikultural di SMP Joannes Bosco ditanamkan melalui 5 (lima) cara yaitu dengan (1) menentukan target nilai - nilai multikultural yang ditanamkan di sekolah. (2) memberikan penghargaan sekolah kepada peserta didik yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik. (3) membuat peraturan sekolah yang menunjang penanaman nilai – nilai multikultural. (4) penggunaan slogan sekolah yang mengandung nilai – nilai multikultural. (5) membuat poster sekolah yang mengandung nilai – nilai multikultural.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com