PENERAPAN METODE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

amri yahya, Anik Widiastuti

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran time token pada mata pelajaran IPS kelas VII D di SMP N 14 Yogyakarta. (2) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode time token pada mata pelajaran IPS kelas VII D di SMP N 14 Yogyakarta.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, obervasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode time token dilakukan melalui upaya mengarahkan siswa untuk menyelesaikan tugas dan berbagi peran dalam kelompok, selanjutnya semua siswa dalam satu kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusinya, maksimal presentasi tiap siswa adalah 30 detik, sehingga siswa yang tidak pernah tampil sama sekali di kelas akan
mendapat kesempatan minimal sekali untuk tampi di depan kelas menyampaikan hasil kerja kelompoknya. (2) Penggunaan metode time token meningkatkan a) keaktifan belajar, dari data obervasi pada siklus I sebesar 67% kemudian guru melakukan beberapa perbaikan pada siklus II sehingga rata-rata skor menjadi 75%, sedangkan dari data angket sebesar 73% menjadi 75% pada siklus II, b) hasil belajar pada siklus I siswa yang mencapai nilai ketuntasan yaitu 75 sebanyak 67% pada siklus II meningkat menjadi 80%.

Kata kunci: Metode Time Token, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com