SIKAP SISWA TERHADAP KEBERADAAN KOPERASI SEKOLAH UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA DI SMP NEGERI 2 BANTUL KABUPATEN BANTUL

Indah Permanawati, Anik Widiastuti

Abstract


Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggotanya terdiri
dari siswa-siswi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sikap siswa terhadap keberadaan koperasi sekolah untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha siswa di SMP Negeri 2 Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian
adalah siswa SMP Negeri 2 Bantul sebanyak 433 siswa. ukuran sampel sebanyak 87 siswa ditentukan dengan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 20%, sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik Sample Random Sampling. Teknik validitas dengan SPSS versi 23.00 for windows dengan rumus korelasi Product Moment sedangkan teknik reliabilitas dengan koefisien Alpha Cronbach. Data dikumpulkan dengan angket. Teknik analisis data dengan analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap keberadaan koperasi sekolah untuk meningkatkan motivasi berwirausaha siswa di SMP Negeri 2 Bantul pada kategori âsetujuâ artinya siswa yang ada di SMP Negeri 2 Bantul setuju dengan adanya keberadaan koperasi sekolah siswa dapat melakukan kegiatan usaha koperasi sekolah yaitu memperoleh keterampilan dalam praktek berirausaha dan siswa dapat memenuhi kebutuhan peralatan sekolah siswa yang menjadi anggota koperasi sekolah. Dengan demikian sikap siswa terhadap keberadaan koperasi sekolah untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha siswa di SMP Negeri 2 masuk pada kategori setuju.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com