KEBERHASILAN USAHA DI PAGUYUBAN PENGRAJIN KULIT SETYO RUKUN MANDING BANTUL

Yozi Vidiastuti, Anik Widiastuti

Abstract


Sentra industri kulit yang ada di Manding merupakan satu satunya industri kulit di
Kabupaten Bantul. Sentra Industri Kulit di Manding memiliki 2 paguyuban pengrajin kulit yaitu paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun dan paguyuban pengrajin kulit Karya Sejahtera, akan tetapi yang masih aktif berjalan hanya paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keberhasilan usaha di paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding; (2) jaringan sosial di paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding; (3) Hambatan dalam menjalankan usaha paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding, wakil ketua paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding dan pengrajin yang menjadi anggota di paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara interaktif sebagaimana yang diajukan oleh Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) keberhasilan usaha di paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding dapat dilihat melalui tujuh indikator yaitu peningkatan modal, jumlah produksi, jumlah , perluasan usaha, perluasan daerah pemasaran, perbaikan sarana fisik, dan pendapatan usaha. Tujuh indikator tersebut dari tahun ke tahun mengalami peningkatan; (2) jaringan sosial di paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding dibagi menjadi dua yaitu jaringan sosial horizontal antara sesama anggota paguyuban dan jaringan sosial vertikal antara pengrajin dengan pihak bank, pengrajin dengan pemerintah, dan pengrajin dengan pembeli; (3) Pencapaian keberhasilan usaha paguyuban pengrajin kulit Setyo Rukun Manding pada pelaksanaannya mengalami hambatan â hambatan yaitu sumber daya manusia (sdm), belum ada patokan harga secara paten, dan tidak adanya merk dagang.

 

Kata kunci: keberhasilan usaha, pengrajin kulit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com