IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RESPONSIF GENDER DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Dimas Wicaksana Nur Faisal

Abstract


Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi program sekolah responsif gender di SMP Negeri 15 Yogyakarta, (2) implementasi pro- gram sekolah responsif gender pada pembelajaran, (3) sarana dan prasarana penunjang program sekolah responsif gender, (4) kegiatan penunjang program sekolah responsif gender, dan (5) faktor pendukung dalam mewujudkan program sekolah responsif gender.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) implementasi program sekolah responsif gender di SMP Negeri 15 Yogyakarta dilakukan melalui tiga tahap yaitu pembiasaan, intervensi dan kegiatan khusus. (2) Implementasi program sekolah responsif gender dalam pembelajaran terdapat lima aspek yaitu, konsep ruang ke- las disesuaikan dengan kebutuhan gender, RPP berwawasan gender, sumber bela- jar yang dapat diakses oleh laki-laki dan perempuan, media pembelajaran yang tidak bias gender, dan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan sama terhadap laki-laki dan perempuan. (3) sarana prasarana sekolah responsif gender dapat dilihat dari ruang laktasi untuk ibu menyusui, pembagian kamar mandi anta-
ra laki-laki dan perempuan yang seimbang, dan unit kesehatan sekolah untuk laki- laki dan perempuan. (4) Kegiatan penunjang program sekolah responsif gender yaitu kegiatan rutin dan insidental. Kegiatan rutin yaitu kajian keputrian se- dangkan kegiatan insidental yaitu lomba poster sekolah responsif gender, Dimas Diajeng, dan lomba band peserta didik. (5) Faktor pendukung dari dalam sekolah adalah manajemen sekolah responsif gender, dan pembelajaran berwawasan gen- der, faktor dari luar sekolah yaitu dukungan dari masyarakat dan wali murid.

Kata kunci : program sekolah, gender,sekolah responsif gender


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com