PERBEDAAN PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO DENGAN METODE POINT COUNTER POINT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN

Dimas Rahmat Saputra, Agus Sudarsono

Abstract


 

Belum diketahuinya perbedaan signifikan antara metodeThe Power of Two dan metode Point  Counter Point  dalam  meningkatkan keaktifan siswa  menarik minat  peneliti  untuk melakukan uji coba penerapan kedua metode tersebut di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan signifikan antara metode The Power of Two dan metode Point Counter Point dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest randomized group design. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas dan dipilih dua kelas  sampel  dengan  teknik  random sampling. Teknik  pengumpulan data  menggunakan observasi dan angket. Validitas instrumen dilakukan oleh dosen pembimbing dan diujicobakan kemudian dianalisis dengan korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Uji normalitas dilakukan dengan kolmogorov smirnov, sedangkan uji homogenitas menggunakan test homogenity of varians. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan independent sample t-test.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode The Power of Two dengan metode Point Counter Point dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di  SMP  Muhammadiyah  3  Depok  Sleman.  Hasil  analisis  Independent  sample  t-test

menunjukkan bahwa H0   diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan keaktifan siswa yang signifikan antara kelas yang mendapat perlakuan dengan Metode The Power of Two dan kelas yang mendapat perlakuan dengan Metode Point Counter Point.

 

Kata Kunci: keaktifansiswa, metode the power of two, metode point counter point


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com