PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU IPS SMP/MTS SE-KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Pangestya Wulandani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru IPS SMP/MTs se-Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penguasaan kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP/MTs se-Kecamatan Bukateja yang berjumlah 3.791 siswa. Penentuan responden dalam
penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Perhitungan sampel menggunakan
rumus Isaac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 349 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus
korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru IPS SMP/MTs se-Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga dalam kategori sangat baik sebesar 32,66%; kategori
baik sebesar 58,74%; kategori cukup sebesar 8,60%; dan kategori kurang sebesar 0,00%. Dominasi skor yang berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 58,74% menunjukkan bahwa persepsi siswa
terhadap kompetensi guru IPS SMP/MTs se-Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga secara umum berada pada kategori baik.

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kompetensi Guru, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com