PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA DAN PELAKSANAAN PROGRAM SEDEKAH SAMPAH DI SMPIT AR RAIHAN BANTUL

Citra Putri Herliyati, Suparmini Suparmini

Abstract


SMPIT Ar Raihan Bantul memiliki sebuah program bernama Sedekah Sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pelaksanaan Program Sedekah Sampah; (2) Keterlibatan siswa; (3) Perilaku peduli lingkungan siswa setelah mengikuti Program Sedekah Sampah; (4) Hambatan dan solusi pelaksanaan Program Sedekah Sampah; dan (5)Manfaat pelaksanaan Program Sedekah Sampah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 hingga Agustus 2018. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMPIT Ar Raihan Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman serta keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Program Sedekah Sampah digagas oleh Yayasan Ar
Raihan dilaksanakan setiap hari Jumat dilakukan dengan cara siswa membawa sampah untuk disedekahkan. Sosialisasi program dilakukan dengan cara himbauan, syiar, edukasi, poster, broadcast Whatsapp dan sosial media; (2) Antusiasme siswa dalam pelaksanaan Sedekah Sampah masih rendah karena siswa sering lupa, malas kerepotan, dan masih rendah kesadaran siswa untuk membawa sampah ke sekolah; (3) Kebersihan sekolah di SMPIT Ar Raihan Bantul secara keseluruhan bersih. Perilaku peduli lingkungan siswa di SMPIT Ar Raihan Bantul muncul dalam indikator pengelolaan sampah, pengelolaan air, pengelolaan energi, penggunaan transportasi namun belum muncul dalam indikator peduli lingkungan sekitar. (4) Hambatan pelaksanaan Program Sedekah Sampah diantaranya rendahnya kesadaran siswa dalam berperilaku peduli lingkungan, kurangnya controlling dan tidak ada SOP yang jelas dari yayasan, kurang tegas kewajiban pelaksanaan Program Sedekah Sampah. Solusi hambatan berupa terus melalukan sosialisasi berupa slogan, poster, pemberian edukasi peduli lingkungan, diperlukannya SOP dan menitoring yang jelas; (5) Manfaat Program Sedekah Sampah berupa sumber dana yayasan, pembiasaan perilaku bersedekah, lingkungan sekolah lebih bersih, sampah terkategori sesuai jenisnya, tumbuh kesadaran untuk berperilaku peduli lingkungan.

Kata kunci : Sedekah Sampah, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkunga, SMPIT Ar Raihan Bantul


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com