STUDI EKSPLORASI KESIAPAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS, FIS, UNY

Aulia Larasati Hardi, Anik Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau dari segi: (1) kesiapan mental; (2) kesiapan pengetahuan; (3) kesiapan keterampilan; dan (4) kesiapan sumber daya.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS, FIS, UNY. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan IPS, FIS, UNY tahun
2014-2017 yang berjumlah 332 mahasiswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 178 mahasiswa dengan teknik proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen dengan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden kesiapan berwirausaha mahasiwa Pendidikan IPS, FIS, UNY secara umum sebesar 83,8%. Kesiapan berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS ditinjau dari: (1) kesiapan mental termasuk dalam kategori baik; (2) kesiapan pengetahuan termasuk dalam kategori baik; (3) kesiapan keterampilan termasuk dalam kategori baik; dan (4) kesiapan sumber daya termasuk dalam kategori baik.

Kata Kunci: Kesiapan, Berwirausaha, Mahasiswa Pendidikan IPS

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com