POTENSI DESA WISATA DALAM MENUMBUHKAN PELUANG WIRAUSAHA DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Desa Wisata Grogol Margodadi Seyegan Sleman)

Yulianto Yulianto, Anik Widiastuti

Abstract


Desa wisata Grogol merupakan desa wisata yang sudah tergolong maju dan mandiri di Kabupaten Sleman. Keberadaan desa wisata perlu dikaji mengenai pengaruhnya terhadap potensi wirausaha dan pengelolaan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perkembangan wirausaha di desa wisata Grogol (2) untuk mengetahui pengelolaan lingkungan yang ada di desa wisata Grogol.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di dusun Grogol Margodadi Seyegan Sleman pada bulan Maret-Juli 2018. Subjek
penelitian ini adalah Kepala dusun Grogol, Pengelola desa wisata Grogol, Pencetus desa wisata
Grogol, Ketua pemuda dusun Grogol, dan Pelaku usaha di desa wisata Grogol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, dengan tahap sebagai berikut:
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desa wisata Grogol menumbuhkan peluang wirausaha bagi masyarakat setempat. Kegiatan wirausaha yang tumbuh yaitu usaha kuliner, usaha kerajinan dan souvenir, serta jasa home stay. (2) Desa wisata Grogol telah melaksanakan pengelolaan, dan pelestarian lingkungan yaitu river tubing, Tanam Buah dalam Pot (TABULAMPOT), penataan lahan parkir, Pemusatan area pedagang, serta kerja bakti insidental dan kerja bakti rutin.

Kata Kunci : Desa Wisata, Potensi Wirausaha, Pengelolaan Lingkungan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com