PERBEDAAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPN 5 SLEMAN

Dewi Mustikasari, supardi supardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara penerapan metode pembelajaran Learning Starts With A Question dengan metode Disukusi di kelas VII SMPN 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Pre test-Post test Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 5 Sleman sebanyak 128. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Kedua kelas dipilih karena mempunyai kesetaraan dalam pencapaian hasil belajar dibandingkan kelas lainnya. Teknik pengumpulan data berupa tes. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara metode pembelajaran Learning Starts With A Question dengan metode Disukusi di kelas VII SMPN 5 Sleman. Hasil  uji-t (independent sample t-test) nilai posttest menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,198 > 1,998) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,032 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode  Learning Starts With A Question lebih tinggi hasilnya terhadap hasil belajar.

Kata kunci : Metode  Learning Starts With A Question, Metode Diskusi dan Hasil Belajar IPS.

 

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com