METODE PEMBELAJARAN JIGSAW SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SMP

Istiqomah Damsi, supardi supardi

Abstract


Kualitas pembelajaran IPS masih mengalami kendalah dalam hal aktivitas dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motoivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 3 Kalasan Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan model siklus. Langkah penelitian tindakan kelas adalah perencanaan, pelaksanaaan dan tindakan, refleksi. Teknik pengambiolan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatrif.
Hasil penelitian bahwa Penerapan metode Jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas VII SMP N Kalasan dapat dilakukan dengan cara ; 1) pembentukan kelompok home yang diberi materi yang berbeda setiap anggota kelompok, 2) anggota kelompok bertemu dengan anggota lain yang memiliki bagian sama (expert), kemudian mendiskusikan, 3) kembali ke kelompok home untuk menyimpulkan.

Kata kunci: Motivasi, IPS, Jigsaw


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com