PENANAMAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SALAM MAGELANG

Akhmad Shatiri, Suparmini Suparmini

Abstract


SMP Negeri 1 Salam Magelang memiliki komitmen dalam membangun budi pekerti peserta didik
melalui penanaman nilai peduli lingkungan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) implementasi penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Salam Magelang, (2) faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Salam Magelang.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendektan studi kasus. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2018. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka urusan kurikulum, guru mata pelajaran IPS kelas VIII, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salam Magelang. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data mengunakan triangulasi teknik. Analisis data mengunakan model interakaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) implementasi penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Salam Magelang, dengan mencantumkan nilai peduli lingkungan di silabus dan RPP dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS. (2) Faktor pendukung terlaksananya penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS adalah materi dalam mata pelajaran IPS, keteladan guru, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah proses pembelajaran mata pelajaran IPS dan perilaku peserta didik.
Kata kunci: Penanaman, nilai, peduli, lingkungan, pembelajaran, IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com