EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGAGLIK

Khatimatul Qoiriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan
hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik yang menggunakan metode Snowball Throwing dibandingkan dengan menggunakan metode Jigsaw, (2) Efektivitas metode Snowball Throwing dan metode Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Multiple-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VII C dan siswa kelas VII E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Pengambilan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Validitas instrumen dihitung dengan Product Moment dan reliabilitas dengan Cronbachâs Alpha. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t (independent sample t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik yang menggunakan metode Snowball Throwing dibandingkan dengan yang menggunakan metode Jigsaw. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung<ttabel yaitu 0,786<2,000 dan nilai probabilitas (sig)>0,05 yaitu sebesar 0,435>0,05. (2) a)Metode Snowball Throwing efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik. Berdasarkan perhitungan ukuran efek menggunakan rumus Cohen D, diperoleh efektivitas metode Snowball Throwing sebesar 0,2<0,229<08. b) Metode Jigsaw tidak efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik, hal ini dibuktikan dengan perhitungan ukuran efek metode Jigsaw yaitu sebesar â 0,1843. c) Metode Snowball Throwing lebih efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1
Ngaglik dibandingkan dengan menggunakan metode Jigsaw. Hal ini ditunjukkan dengan rata- rata posttest kelas eksperimen 1 sebesar 77,80, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen
2 sebesar 75,53, serta berdasarkan perhitungan ukuran efek menunjukkan bahwa metode
Snowball Throwing lebih efektif.

Kata Kunci: metode Snowball Throwing, metode Jigsaw, hasil belajar, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com