PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN EDUCATIVE PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 1 SLEMAN

Rakhmadani Akbar Kurniawan, Nasiwan Nasiwan

Abstract


Reward dan Educative Punishment merupakan dua faktor yang diduga berpengaruh terhadap tinggi rendahnya perilaku disiplin siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. pengaruh pemberian reward terhadap perilaku disiplin siswa, 2. pengaruh pemberian educative punishment terhadap perilaku disiplin siswa, 3. pengaruh pemberian reward dan educative punishment secara bersama-sama terhadap perilaku disiplin siswa di SMP Negeri 1 Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP N 1 Sleman yang berjumlah 448 siswa,
teknik sampling yang digunakan yaitu teknik proportional random sampling dengan jumlah 211
sampel siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. ada pengaruh positif dan signifikan pemberian reward terhadap perilaku disiplin siswa, ditunjukkan dengan (rx1y) sebesar 0,390 dan nilai thitunglebih besar dari ttabel (6,122 > 1,960). 2. ada pengaruh positif dan signifikan pemberian educative punishment terhadap perilaku disiplin siswa, ditunjukkan dengan (rx2y) sebesar 0,585 dan nilai thitunglebih besar dari ttabel (10,422 > 1,960). 3. ada pengaruh positif dan signifikan atara pemberian reward dan educative punishment terhadap perilaku disiplin siswa di SMP N 1 Sleman yang ditunjukkan dengan hasil (rxy(12)) sebesar 0,597 dan nilai Fhitunglebih besar dari Ftabel (57,622>3,03). Sumbangan Relatif masing-masing variabel yaitu pemberian reward 21,3% dan educative punishment 78,7% sedangkan Sumbangan Efektif masing-masing variabel pemberian reward sebesar 7,6% dan educative punishment sebesar 28%.

Kata Kunci: reward, educative punishment, perilakudisiplinsiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com