PERAN FORUM CINTA BUDAYA BANGSA(FORCIBB) DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL

abdi sukma, Nasiwan Nasiwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran Forum Cinta Budaya Bangsa (FORCIBB) dalam pelestarian nilai-nilai budaya di Kecamatan Imogiri, (2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat upaya FORCIBB dalam melakukan pelestarian nilai-nilai budaya di Kecamatan Imogiri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek
dari penelitian ini adalah ketua, pengurus dan anggota Forum Cinta Budaya Bangsa. Pengumpulan data dengan cara wawancara. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri atas : (1) Peran Forum Cinta Budaya dalam melestarikan nilai-nilai budaya di Kecamatan Imogiri adalah dilakukan dengan beberapa kegiatan yaitu, melakukan pendampingan kelompok budaya, memberikan sosialisasi, menginventarisasi kebudayaan, melaksanakan sarasehan kebudayaan, membuat dokumentasi videografi dan melakukan kerjasama dengan daerah terdekat. (2) faktor pendorong FORCIBB dalam pelestarian nilai-nilai budaya yaitu ditetapkannya Kecamatan Imogiri sebagai Kawasan Cagar Budaya dan Gapuraning Budaya, adanya dukungan dana dari delapan kelurahan di Imogiri, adanya peninggalan sejarah berupa makam raja-raja Imogiri, dan adanya apresiasi dari Keraton. Faktor penghambatnya yaitu, kurangnya pendanaan, kurang aktif nya pengurus, dan kurang sinkronnya program FORCIBB dengan Kecamatan.

 

Kata kunci: Faktor Pendorong dan Penghambat, FORCIBB, Pelestarian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com