IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANIS DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DAN VIII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

Suci Indah Sari, supardi supardi

Abstract


SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta merupakan sekolah yang menerapkan nilai-nilai humanis dalam pembelajaran. Hal ini perlu dikaji lebih mendalam mengenai implementasi nilai-nilai humanis dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai humanis dalam pembelajaran IPS kelas VII dan VIII di SMP Budi Mulia Dua Yogakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta pada bulan Januari-Mei 2018. Subjek penelitian ini adalah guru IPS Kelas VII dan VIII, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan isntrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru dalam menyusun RPP menunjukkan pengintegrasian nilai-nilai humanis, dapat dilihat dari metode pembelajaran dan perencanaan evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan adalah student center dan guru sebagai fasilitator. Sumber belajar yang digunakan beragam. Perencanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan sudah mencakup ketiga aspek, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. (2) Guru dalam melaksanaan pembelajaraan menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran, komunikasi antara guru dengan peserta didik sangat baik, peserta didik ikut serta dalam menentukan kontrak belajar, dan guru tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS sudah mencakup ketiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. (4) Faktor pendukung implementasi nilai-nilai humanis dalam pembelajaran IPS adalah adanya filosofi sekolah, motto sekolah, delapan basis pembelajaran dan lingkungan sekolah yang menunjukkan nilai-nilai humanis. (5) Faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai humanis dalam pembelajaran IPS adalah keterbatasan waktu pembelajaran.

 

Kata kunci : nilai-nilai humanis, pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com