FAKTOR â FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 2 MLATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dwi Nur Fajriati, supardi supardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor kesulitan belajar dari aspek internal dalam mengikuti pelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMP N 2 Mlati; dan (2) faktor kesulitan belajar dari aspek eksternal dalam mengikuti pelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMP N 2 Mlati.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Mlati tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah
128 siswa. Sampel penelitian sebanyak 96 orang, ditentukan dengan perhitungan formula empiris yang dikembangkan Isaac dan Michael. Sampel sejumlah 24 siswa ditentukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tingkat validitas diketahui dengan menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan tingkat reliabilitas diketahui dengan rumus Alpha Cronbarch. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS ditinjau dari: faktor internal yang meliputi (1) faktor minat sebesar 26,05%, (2) faktor motivasi sebesar 15,63%, dan (3) faktor kesiapan sebesar 12,50%; sedangkan faktor eksternal yang meliputi (1) faktor metode mengajar sebesar 6,25%, (2) faktor interaksi guru dengan siswa sebesar
4,17%, (3) faktor media pembelajaran sebesar 7,29%, dan (4) faktor masyarakat sebesar 21,87%.


Kata Kunci: Faktor, Kesulitan Belajar, IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com