HUB UNGAN ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 2 GAMPING

Ana Yulianti, Saliman Saliman

Abstract


2018

Keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka diduga berhubungan dengan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan keterampilan sosial siswa kelas VII SMPN 2 Gamping.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunaka n pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping berjumlah 192 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling yakni pengambilan sampel dengan cara acak. Ukuran sampel mengacu pada tabel Isaac dan Michael pada taraf kesalahan 5%, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 123 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas konstruk dan uji reliabilitas Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Product moment dari Karl Pearson.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada hubunga n positif dan signifikan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan keterampilan sosial siswa kelas VII SMPN 2 Gamping. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,725 dalam kategori korelasi kuat. Semakin tinggi keaktifan mengik ut i ekstrakurikuler pramuka, maka semakin tinggi pula keterampilan sosial siswa kelas VII SMPN 2 Gamping.

Kata kunci: keaktifan mengikuti eksrtakurikuler pramuka, keterampilan sosial, siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com