KONDISI SOSIAL EKONOMI PEKERJA PABRIK DI DESA TIPAR KIDUL KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Sri Lestari, Anik Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi sosial ekonomi pekerja pabrik Di Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang di gunakan analisis interaktif Miles dan Huberman dengan langkah; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kondisi sosial ekonomi pekerja pabrik di Desa Tipar Kidul meliputi: 1) Pekerjaan: mata pencaharian atau pekerjaan pokok pekerja pabrik adalah menjadi karyawan swasta sebanyak 2.282 orang. 2) Pendapatan: rata-rata pendapatan pokok yang diperoleh pekerja pabrik di Desa Tipar Kidul yaitu Rp.2.967.000,- perbulan. 3) Pendidikan: secara umum pendidikan masyarakat Tipar Kidul tamatan Sekolah Dasar (SD), sedangkan pendidikan khusus pekerja pabrik di Desa Tipar Kidul rata-rata tamatan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK); 4) Stratifikasi sosial: dilihat dari segi ekonomi, pekerja pabrik di Desa Tipar Kidul termasuk dalam kelas sosial menengah.

Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonomi, Pekerja Pabrik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com