SIKAP PEMUDA DESA NGENTAKREJO, LENDAH, KULON PROGO TENTANG MASYARAKAT YANG IDEAL

Wiwit Wijanarsih, Saliman Saliman

Abstract


Keberadaan pemuda di dalam masyarakat menjadi identitas yang potensial untuk
meneruskan cita-cita masyarakat. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) profil pemuda Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo; (2) Mengetahui sikap pemuda Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo tentang masyarakat yang ideal.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Sampel penelitian terdiri atas pemuda Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo berjumlah 215 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik validitas dalam penelitian ini yaitu validitas konstruk dan validitas empiris dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan teknik reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pemuda Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo berjumlah 737 pemuda. Terdiri dari 368 laki-laki dan 369 perempuan. Organisasi yang sering diikuti oleh pemuda seperti remaja masjid, karang taruna, dan organisasi olahraga seperti pencak silat. Tahun 2014 pemuda Desa Ngentakrejo tamat lulusan SMA sejumlah 642 pemuda, selebihnya tengah menyelesaikan SMA dan perguruan tinggi; (2) sikap pemuda di Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo tentang masyarakat yang ideal tergolong dalam kategori sedang, yaitu belum semua pemuda telah memiliki sikap yang baik dalam musyawarah, keadilan, persaudaraan, dan toleransi. Sikap musyawarah dalam kategori sedang, sikap keadilan kategori sedang, sikap persaudaraan kategori sedang, dan sikap toleransi dalam kategori tinggi.


Kata kunci: pemuda dan masyarakat ideal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com