PERILAKU MENYIMPANG ANAK BURUH MIGRAN DI DUSUN KARANGTURI DESA KARANGTURI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Lendi Tri Wijaya, Nasiwan Nasiwan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan anak buruh migran, dan 2) Faktor-faktor yang menyebabkan anak buruh migran berperilaku menyimpang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari anak dan anggota keluarga lainnya dari buruh migran, kepala desa, dan perangkat desa tempat tinggal buruh migran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak buruh migran terdiri dari kenakalan biasa berupa perilaku merokok, membolos sekolah, dan melawan orang tua; kenakalan yang mengarah pada pelanggaran norma berupa perilaku memodifikasi motor dan balapan liar ; kenakalan khusus yaitu perilaku mabuk dan pernikahan dini yang dilatarbelakangi seks pranikah. 2) Faktor penyebab perilaku menyimpang anak buruh migran yaitu disebabkan karena : a) kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak; b) pergaulan dengan teman yang berperilaku menyimpang; c) pengaruh kondisi masyarakat di sekitar yang menyimpang.

Kata kunci : anak buruh migran, perilaku menyimpang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com