KONTRIBUSI JEMBANGAN WISATA ALAM TERHADAP KONDISI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DESA JEMBANGAN KECAMATAN PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN

Anidah Afifah, Nasiwan Nasiwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi Jembangan Wisata Alam terhadap kondisi sosial budaya masyarakat Desa Jembangan Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen, (2) Faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian yaitu Manager CV Bumen Alam Indah, Ketua RT, Kaur Pembangunan di Balai Desa Jembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Kontribusi Jembangan Wisata Alam terhadap kondisi sosial budaya masyarakat Desa Jembangan: interaksi sosial masyarakat Desa Jembangan dengan adanya wisata semakin baik interaksinya, nilai kepedulian masyarakat tetap baik karena nilai kepedulian masyarakat tetap terpelihara ditengah modern ini, perilaku menyimpang dari pengunjung sudah semakin menurun seperti membuang sampah sembarangan, bahasa yang digunakan oleh masyarakat adalah Bahasa Jawa, organisasi masyarakat Desa Jembangan berfungsi sebagai sarana berkomunikasi antar masyarakat, masyarakat Desa Jembangan sudah sadar akan pentingnya pendidikan, kesenain Kuda Kepang tetap terpelihara, sistem mata pencaharian masyarakat sudah bervariasi, teknologi yang digunakan masyarakat Desa Jembangan sudah modern; (2) Faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya : masyarakat Desa Jembangan memiliki sistem terbuka lapisannya karena sudah dapat menerima perubahan yang ada, masyarakat Desa Jembangan sudah menghargai hasil karya orang lain dan keinginan untuk maju karena masyarakat dapat menerima perbedaan dan keputusan yang telah diambil, masyarakat Desa Jembangan sudah memiliki sikap toleransi terhadap perbuatan menyimpang.

Kata Kunci : Kontribusi, wisata alam, perubahan sosial budaya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com