PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH YAYASAN SRI RAHAYU DI KAMPUNG DAYAK KELURAHAN KARANGLESEM PURWOKERTO

Siti Sifaul Mufidah, Anik Widiastuti Anik Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemberdayaan masyarakat oleh Yayasan Sri
Rahayu di Kampung Dayak. (2) keberhasilan pemberdayaan oleh Yayasan Sri Rahayu di Kampung Dayak. (3) Faktor pendukung program pemberdayaan oleh Yayasan Sri Rahayu di Kampung Dayak. (4) Faktor penghambat program pemberdayaan oleh Yayasan Sri Rahayu di Kampung Dayak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek Lurah Karangklesem, Pembina Yayasan Sri Rahayu dan masyarakat Kampung Dayak Kelurahan Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas yang menjadi sasaran kegiatan Yayasan Sri Rahayu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Milles Hubberman dengan langkah-langkah adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pemberdayaan masyarakat oleh Yayasan Sri Rahayu di Kampung Dayak meliputi program pendidikan formal dan informal, kegiatan kesehatan, kependudukan dan pelatihan keterampilan. (2) Keberhasilan pemberdayaan masyarakat oleh Yayasan Sri Rahayu di Kampung Dayak ditunjukan dengan kesejahteraan, akses, kesadaran kritis dan kontrol dari masyarakat. (3) Faktor pendukung program pemberdayaan masyarakat oleh Yayasan Sri Rahayu di Kampung Dayak adalah adanya donatur yang memberikan donasi untuk kegiatan yang dilakukan Yayasan Sri Rahayu, adanya bantuan dari pemerintah seperti PKH, JAMKESDA, RASKIN, dan berdirinya Yayasan Sri Rahayu diterima dan mendapat respon positif dari masyarakat Kampung Dayak. (4) Faktor penghambat program pemberdayaan masyarakat oleh Yayasan Sri Rahayu di Kampung Dayak adalah rendahnya respon dan minat masyarakat dalam mengikuti kegiatan yang diberikan oleh Yayasan Sri Rahayu, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mendatakan diri pada pemerintah setempah, banyaknya orang berdatangan ke Kampung Dayak yang tidak memiliki keterampilan dan pekerjaan tetap.

Kata Kunci: pemberdayaan masyarakat, yayasan Sri Rahayu, Kampung Dayak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com