PERAN KOPERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMP N 1 WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2017

Nurul Khaeratun Nikmah, Anik Widiastuti

Abstract


SMP N 1 Wiradesa memiliki komitmen untuk menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa melalui peran koperasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran koperasi sekolah dalam menumbuhkan minat berwirausaha siswa SMP N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2017 hingga Desember 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMP N 1 Wiradesa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik pengambilan data. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Koperasi sekolah berperan memberi keleluasaan kepada siswa dan masyarakat sekitar untuk menitipkan usahanya, koperasi sekolah juga mengadakan bazar dalam rangka memperingati HUT SMP N 1 Wiradesa; (2) Koperasi sekolah berperan menumbuhkan minat siswa dalam berwirausaha dapat melalui kegiatan bazar sekolah yang mendorong siswa kreatif dalam menjual jajanan dan membuat karya kerajinan
tangan, minat berwirausaha juga sudah ditumbuhkan dengan memasukkan materi berwirausaha dalam mata pelajaran serta adanya latian dasar kepemimpinan dalam berwirausaha.

Kata Kunci : Peran Koperasi Sekolah, Minat Berwirausaha Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com