PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPS AUDIO VISUAL MATERI PENYIMPANGAN SOSIAL KELAS VIII SMP

Agung Kusuma Wardhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan sumber belajar IPS audio visual dengan materi penyimpangan sosial; dan 2) mengetahui kelayakan sumber belajar IPS audio visual pada materi penyimpangan sosial menurut ahli materi, ahli media, guru IPS SMP, dan tanggapan dari siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research and Development
(R&D), yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono yaitu: 1) potensi dan masalah;
2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian; 9) revisi akhir/penyempurnaan produk; 10) produk akhir. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII C SMP N 3 Berbah. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru IPS, dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan sumber belajar ini menghasilkan produk berupa film audio visual dengan materi penyimpangan sosial; 2) sumber belajar audio visual dinyatakan layak digunakan dengan hasil akhir yaitu a) validasi ahli materi 3,70 dengan kriteria âbaikâ, b) validasi ahli media 3,82 dengan kriteria âbaikâ, c) penilaian guru IPS 4,81 dengan kategori âsangat baikâ, d) uji coba produk memperoleh skor
4,43 dengan kategori âsangat baikâ, serta e) uji coba pemakaian memperoleh skor 4,32 dengan kategori âsangat baikâ. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar IPS audio visual dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

 

Kata kunci: IPS, sumber belajar, audio visual, film


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com