PEMANFAATAN LABORATORIUM GEOLOGI KARANGSAMBUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 KARANGSAMBUNG

Ika Maulani Hammah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan Laboratorium Geologi
Karangsambung sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Karangsambung. (2) Pemanfaatan Laboratorium Geologi Karangsambung sebagai tempat kegiatan ilmiah di SMP Negeri 1 Karangsambung. (3) Pemanfaatan Laboratorium Geologi Karangsambung sebagai sarana demontrasi alat peraga dan proses penyampaian di SMP Negeri 1 Karangsambung.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Karangsambung yang berjumlah 491 siswa dengan sampel berjumlah 216 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Propotional Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen menghasilkan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk dan analisis butir soal dengan korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif yang meliputi tabel frekuensi, histogram, dan tabel kecenderungan variabel.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pemanfaatan laboratorium Geologi sebagai sumber belajar IPS memperoleh hasil 16.7% dalam kategori tinggi, 66.6% dalam kategori sedang, dan 16.7% pada kategori rendah, (2) Pemanfaatan Laboratorium Geologi Karangsambung sebagai tempat kegiatan ilmiah memperoleh hasil 22.2% pada kategori tinggi,
59.3% pada kategori sedang, dan 18.5% pada kategori rendah, (3) Pemanfaatan Laboratorium Geologi Karangsambung sebagai sarana demontrasi alat peraga dan proses penyampaian memperoleh hasil 21.7% pada kategori tinggi, 75.5% pada kategori sedang, dan 2.8% pada kategori rendah.

Kata kunci: Pemanfaatan, Laboratorium Geologi Karangsambung, Sumber Belajar IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com