IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 KLATEN

Diah Purwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Klaten meliputi: (1) Strategi, (2) Implementasi, (3) Hambatan dan pemecahan masalah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini merupakan warga sekolah meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang pendidikan dan kesiswaan, pembina ekstrakurikuler, guru BK dan peserta didik di SMP Negeri 2 Klaten yang menerapkan pendidikan karakter. Analisis data interaktif menggunakan teknik Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan: pemberian dukungan manajemen sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan karakter, integrasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran, pembentukan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, penerapan pendidikan karakter melalui tata tertib sekolah, pengembangan karakter peserta didik melalui kerjasama dengan orang tua; (2) Hasil dari implementasi pendidikan karakter program yang dibuat dapat dijalankan tetapi masih ditemukan banyak pelanggaran, implementasi pendidikan karakter tidak hanya dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari tetapi juga dalam kegiatan pembelajaran. Implementasi pendidikan karakter dilaksanakan dengan menanamkan nilai-nilai karakter dalam program kegiatan tetapi tidak memiliki petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan sehingga tidak dapat di evaluasi dengan tepat; dan (3) hambatan dalam implementasi pendidikan karakter di sebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari kurangnya kesadaran warga sekolah tentang pentingnya pendidikan karakter, tidak adanya petunjuk teknis dan pelaksanaan yang mendukung pendidikan karakter sehingga tidak dapat dievaluasi dengan tepat, serta banyaknya pengaruh dari teman sebaya. Faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga yang kurang mendukung pendidikan karakter maupun dari pengaruh negatif media elektronik.

Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Pendidikan karakter


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com