FILOSOFI DAN PENGARUH KONSTRUKSI RUMAH JOGLO TERHADAP GEMPA BUMI DI DESA JAGALAN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

Dhiyah Mut Mainah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis rumah Joglo; (2) nilai-nilai filosofi yang terdapat pada kontruksi rumah Joglo; dan (3) Rumah Joglo yang mampu bertahan terhadap gempa bumi di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah sesepuh, pemilik rumah Joglo, dan budayawan. Pelaksanaan pengambilan data di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul, dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rumah Joglo di Jagalan dibagi menjadi tiga yaitu rumah Joglo Tumenggungan, rumah Joglo Kalang,dan rumah Joglo Rakyat Biasa; (2) Nilai-nilai filosofi pada konstruksi rumah Joglo sebagai pedoman hidup meliputi: Sangkan Paraning Dumadi, yaitu manusia Jawa harus berhati-hati dalam menjalani hakekat hidup. Manunggaling Kawula Gusti, yaitu suatu perwujudan sikap menambah dan menciptakan ketenangan batin. Pada akhirnya ditemukan sebuah keharmonisan antara manusia dengan Tuhan. Memayu Hayuning Bawana, yaitu perbuatan yang senantiasa mewujudkan dunia selamat, sejahtera dan bahagia; dan (3) Rumah Joglo mampu bertahan terhadap gempa bumi karena kekuatannya pada saka dengan sifat sendi dan jepit untuk menstabilkan bangunan ketika menerima gaya gempa, umpak mengurangi getaran gempa yang sampai ke saka, sunduk kili sebagai penguat bangunan, tumpangsari sebagai tumpuan usuk, dan nanasan atau prit gantil sebagai pengunci tumpangsari.

Kata Kunci: Filosofi, Konstruksi Rumah Joglo, Desa Jagalan.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com