KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS UNTUK MELAKSANAKAN PPL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Afan Hardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kesiapan mahasiswa Pendidikan IPS untuk melaksanakan PPL berdasarkan jenis kelamin mahasiswa; 2) kesiapan mahasiswa Pendidikan IPS untuk melaksanakan PPL berdasarkan hasil belajar microteaching; 3) kesiapan mahasiswa Pendidikan IPS untuk melaksanakan PPL berdasarkan prestasi akademik mahasiswa; 4) faktor apa yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa Pendidikan IPS untuk melaksanakan PPL.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah 50 responden mahasiswa IPS angkatan
2014. Uji coba penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial yang berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan uji realibilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) 58,33% mahasiswa laki-laki mempunyai kesiapan untuk melaksanakan PPL kurang baik, sedangkan 34,21% mahasiswa perempuan mempunyai kesiapan kurang baik untuk melaksanakan PPL; 2) 45,45% mahasiswa dengan nilai microteaching A mempunyai kesiapan cukup baik untuk melaksanakan PPL, sebesar 42,10% mahasiswa dengan nilai microteaching A- mempunyai kesiapan kurang baik, sebesar 40% mahasiswa nilai microteaching B+ mempunyai kesiapan baik, 50% mahasiswa nilai microteaching B mempunyai kesiapan kurang baik; 3) 34,61% mahasiswa dengan IPK Cumlaude mempunyai kesiapan cukup baik, 50% mahasiswa dengan IPK Sangat Memuaskan mempunyai kesiapan kurang baik; 4) faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa Pendidikan IPS berdasarkan jenis kelamin laki-laki yaitu faktor minat dan keterampilan, jenis kelamin perempuan faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor minat, motivasi, dan keterampilan; faktor minat, motivasi, dan keterampilan yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa Pendidikan IPS dengan nilai microteachig A, faktor minat dan motivasi yang mempengaruhi mahasiswa dengan nilai microteachig A-, faktor minat, motivasi, dan keterampilan yang mempengaruhi mahasiswa dengan nilai microteaching B+, faktor minat, keterampilan yang mempengaruhi mahasiswa dengan nilai microteaching B; faktor minat, motivasi, dan keterampilan yang mempengaruhi mahasiswa dengan IPK Cumlaude, faktor minat, motivasi, dan keterampilan yang mempengaruhi mahasiswa degan IPK Sangat Memuaskan.

Kata Kunci: Kesiapan, PPL, Faktor-faktor yang mempengaruhi PPL


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com