Pengembangan Media Pembelajaran Job Sheet Mata Pelajaran Praktik Pelaksanaan Konstruksi Kayu Kelas XI di SMK Negeri 1 Magelang

Nurul Galaxi Mohamad Dirgantara, Ikhwanuddin, S. T., M. T.

Abstract


Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui spesifikasi job sheet mata pelajaran praktik pelaksanaan konstruksi kayu pada semester satu untuk kelas XI di SMK Negeri 1 Magelang, (2) Mengetahui hasil uji pengembangan job sheet mata pelajaran praktik pelaksanaan konstruksi kayu pada semester satu untuk kelas XI di SMK Negeri 1 Magelang menurut ahli materi, ahli media, dan calon pengguna.

Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) model Thiagarajan yaitu 4D models. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini: (1) Spesifikasi produk job sheet mata pelajaran praktik pelaksanaan konstruksi kayu pada semester 1 untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Magelang, yaitu yang terdiri dari kompetensi dasar praktik pelaksanaan konstruksi kayu pembuatan kusen pintu dan jendela, pembuatan daun pintu dan jendela, pemasangan kusen pintu dan jendela pada bangunan, pemasangan daun pintu dan jendela pada bangunan, tujuan pembelajaran, dasar teori, alat dan bahan, langkah kerja, keselamatan kerja, dan evaluasi, (2) Hasil uji kelayakan job sheet pelaksanaan konstruksi kayu kelas XI semester satu di SMK Negeri 1 Magelang dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 33,5 sehingga masuk kategori “layak” dengan persentase 83,75%, dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 55 sehingga masuk kategori “sangat layak” dengan persentase 91,67%, dari sisi calon pengguna mendapatkan rata-rata skor 85,28 sehingga masuk kategori “sangat layak” dengan persentase 85,28%.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. (2005). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aliangga Kusuman., Mukkhidin., & Bachiar Hasan. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.23, No.1. Hlm. 28-39.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Rev.ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyu. (2008). Kurikulum Anyar Berbau Reformasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Bahril Ilmiwan, dkk. (2013). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Bermuatan Nilai Nilai Karakter Dalam Model Pembelajaran LAngsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Buktitinggi. Ol. 2, No.1. Hlm. 153-160.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman Pelaksanaan Praktek Industri (Prakerin). Jakarta: DPMK.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: DPMK

Gunawan Risdiyanto. (2015). Pengembangan Job Sheet Mata Diklat Pengelasan SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol.3, No.7. Hlm. 519-526.

Hafizhah Lukitasari. (2015). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Semarang. UNNES.

Made Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Muhammad Amin. (2015). Pengaruh Pembelajaran Responsi Pra Praktikum dan Jobsheet Terpadu Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Praktik Pengukuran Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.22, No.4. Hlm. 484-493.

Muhammad Fatori. (2013). Finishing Konstruksi Kayu Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2016 tentang Spektrum Pendidikan Menengah Kejuruan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kerikulum Sekolah Dasar Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.22, No.4. Hlm. 424-431.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY.

Thiagarajan, Sivasailam. et. al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Tooling Univercity. (2013). CNC Control: Mazak Training. Diakses dari http://www.toolingu.com/definition-330280-45611-job-sheet.html pada tanggal 01 Februari 2017.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.

Widarto. 2013. Panduan Penyusunan Jobsheet Mapel Produktif pada SMK. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-widarto-mpd/panduan-penyusunan-jobsheet-mapel-produktif-pada-smk.pdf pada tanggal 15 Februari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.