Penerapan Pendekatan Kontektual (CTL) Pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan Bantul

Aqwam Hilmi Muhammad, Drs. Bada Haryadi, M. Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya dengan penerapan Pendekatan Kontektual (CTL), dan (2) peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya penerapkan Pendekatan Kontektual (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan: (1) keaktifan belajar siswa kelas XII TGB-B pada siklus I adalah 45%, pada siklus II menjadi 75% dan pada siklus III menjadi 85%, (2) hasil belajar siswa kelas XII TGB-B pada siklus I yang lulus KKM adalah 55%, pada siklus II yang lulus KKM adalah 80% dan pada siklus III yang lulus KKM adalah 95%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitiaan Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dwi Siswoyo, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Ervianto ,I Wulfram. (2007). Cara Cepat Menghitung Biaya Bangunan. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, Oemar. (2010). Perencanaan pengajaran Berdasarkan Pendekatan Proses. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Manulang, Rio. (2015). Buku Pintar Menghitung Biaya Bangunan. Yogyakarta: Andi.

Prihastuti Ekawatiningsih. (2016). Pembelajaran Kontektual Pada Mata Kuliah Restoran Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Teknik Boga. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 23(I). Hlm. 67-78.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implemetasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2014). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sihminarti, Wadodya. (2015). Pendekatan CTL (Contextual Teaching And learning) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata pelajaran Install Home Theater Program keahliaan Teknik Audio Video Kelas XII SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi.FT UNY.

Sudjana, Nana. (2013). Peniliaan Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uyoh Sadulloh. (2010). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.