Pengaruh Budaya Sekolah, Iklim Organisasi, dan Manajemen Mutu Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK N 3 Yogyakarta.

Heru Setyanto, Drs. Darmono, MT. Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1)Tingkat budaya sekolah, (2)Tingkat iklim organisasi, (3) Tingkat manajemen mutu guru, dan (4) Tingkat hasil belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (5)Pengaruh budaya sekolah, (5)Pengaruh iklim organisasi, dan  (6)Pengaruh manajemen mutu guru terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta; (7)Pengaruh secara bersama-sama budaya sekolah, iklim organisasi, dan manajemen mutu guru terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Tingkat budaya sekolah di SMK Negeri 3 Yogyakarta berada pada kategori sangat tinggi, dengan presentase sebesar 65%; (2)Tingkat Iklim organisasi di SMK Negeri 3 Yogyakarta berada pada kategori sangat tinggi, dengan presentase sebesar 57%; (3)Tingkat manajemen mutu guru di SMK Negeri 3 Yogyakarta berada pada kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 91%; (4)Tingkat hasil belajar siswa berada pada kategori baik, dengan presentase baik sebesar 59%. (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan budaya sekolah terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t hitung> t tabel  (4,161> 0,252) pada taraf signifikansi 5%; (6)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan iklim organiasasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t hitung> t tabel  (8,064> 0,252) pada taraf signifikansi 5%; (7)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan manajemen mutu guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai F hitung > F tabel (58,899> 4,003) atau nilai p<a (0,000 < 0,05); (8) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan Budaya Sekolah, Iklim Organisasi, Manajemen Mutu Guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai F hitung > F tabel (20,890>4,003) atau nilai p<a (0,000 < 0,05).


References


Ahmad Tanzeh. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Anas Sudijono. (1987). Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anonim. (2012). Teaching and leadership for twenty-first century the 2012 international summit on teaching profession. New York: Asia Society Partnership for Global Learning.

Deal, Terrence E, dan Peterson, Kent D. 1999. Shapping School Culture: The Heart of Leadership. San Fracisco: Jossey-Bass Publishers.

Education for All (EFA) Global Monitoring Report 2011: The hidden crisis, armed conflict and education. Paris: Unesco.

Gunawan Sudarmanto. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hoektra, A., & Newton, P. (2017). Departmental leadership for learning in vocational and proffesional education. Empirical Research Vocational Educational and Training. 9:12. Pp. 1-24. DOI 10.1186/s40461-017-0057-0

Hoy. W.K., & Miskel, C.G. (2013). Educational administration: theory, practive, and research. 9th Edition. New York: McGraw-Hill.

Husaini Usman. (2013). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan. Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibnugraha. (2012). Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu di SMK Negeri 2 Pengasih. Kulon Progo: Vol 21.

Lunenburg, F.C., & Orstein, A.C. (2000). Educational administration concepts and practices. Third Edition. Belmont: Wadsworth.

Mantja, W. 2002. Manajemen pendidikan dan supervisi pengajaran. Malang: Wineka Media.

Muhammad Nisfiannoor. (2009). Pendekatan Statistik Modern Untuk Ilmu Sosial Jakarta: Salemba Humanika.

Sallis, E. (2008). Total quality Mmnagement in education. Third Edition. London: Kogan Page.

Schleicher, A. (2012). Preparing teacher and developing school leaders for the 21stcentury lessons from around the world. Paris: OECD Publishing.

Siagian, S. P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kesembilan. Jakarta: Bumi aksara.

Sri Setiyati. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Oktober 2014 Vol 22. Nomor 2.

Stringer. Robert. 2002. Leadership and Organizational Climate Upper Saddle River. New Jersey: Printice Hall.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Udar, Administrasi Pendidikan. PT. Rafika Aditama, Bandung, 2013, hlm. 82.

Suwandi. (2016). Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru SMK dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mei 2016 Vol.23 Nomor 1.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahibur Rokhman, J. 2003. Pemberdayaan dan komitmen: Upaya mencapai kesuksesan organisasi dalam menghadapi persaingan global. Dalam Usmara, A (Ed.): Paradigma baru manajemen sumber daya manusia. 121-133. Yogyakarta: Amara Book.

Ahmad Tanzeh. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Mantja, W. 2002. Manajemen pendidikan dan supervisi pengajaran. Malang: Wineka Media.

Tim Penyusun. (2015). Peraturan Akademik Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.