Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti SMK N 2 Wonosari

Roby Ika Kurniawan, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Peer Teaching  pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti, disini mengambil  materi pokok menghitung volume pekerjaan konstruksi bangunan sebab masih banyak siswa yang belum mengerti dengan dasar-dasar menentukan rumus gambar kerja, masih ada yang salah menyebutkan konfersi satuan, dan nilai pada meateri pokok menghitung volume pekerjaan bangunan masih dibawah KKM.

            Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart (1988) yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut, 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refkleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 2 Wonosari pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI Teknik Sipil SMK Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen telah melalui validasi oleh dosen pembimbing. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik kuantitatif.

Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan, (1) Penerapan metode Peer Teaching  pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti yaitu, (a) Perencanaan dilakukan oleh guru dan peneliti dengan menyiapkan RPP dan instrument. Sebelum tindakan guru memilih tutor dan membagi kelompok menjadi 8 kelompok dengan rincian 1 tutor disetiap kelompok, (b) Tindakan dilakukan guru dan tutor. Guru menjelaskan materi terlebih dahulu dan tutor mengajari kembali kelompoknya materi yang sudah dijelaskan, (c) Pengamatan dilakukan oleh peneliti dan observer yang diamati adalah dua aspek yaitu motivasi belajar dan hasil belajar, (d) Refleksi pada siklus I penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar dan untuk lebih memaksimalkan hasil belajar maka dilanjutkan pada siklus II. (2) Hasil belajar dan motivasi belajar siswa mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti siswa mengalami peningkatan, (a) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan rata-rata skor kelas yaitu dari pra siklus ke siklus I sebesar 17,9%, kemudian siklus I ke siklus II sebesar 13,78%, (b) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan rata-rata nilai kelas yaitu dari pra siklus ke siklus I sebesar 5%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,56%.

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amat Jaedun. (2008). Penerapan Model Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 18, No.1, Mei 2009. Hlm 1.

Arikunto, Suharsimi, dkk.( 2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif (Teori dan

Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme bagi Guru). Jakarta: Publisher.

Djemari Mardapi. (2007). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Fety Indah Primanti. (2012). Upaya meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Gizi Siswa melalui Pembelajaran dengan Bantuan Tutor Sebaya di SMK N 3 Wonosari. Skripsi. Yogyakrta. FT UNY.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia. Hamruni. (2011), Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Iru La, La OdeSaifun Arihi. (2012). Analisi Penerapan Pendekatan Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.

Kasbolah, E.S. Kasihani. (1998). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi.

Komaidi, Didik. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sabda Media.

Made Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: BumiAksara.

Masnur Muslich. (2012). Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research): Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mimin Haryati. (2007). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Muhammad Yamuni. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakata: Kencana.

Mutaqin, Totok Heru TM, Haryanto. (2009). Penerapan Media Interaktif Deangan Pembelajaran Coopertif learning pada mata kuliah Instalasi Listrik Penerangan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 18, No.2, Oktober 2009. Hlm 253.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Paryanto. (2009). Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teori Pemesinan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 19, No.2, Oktober 2010. Hlm 253.

Salvin. (2010). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta:Rineka Cipta.

Sri Waluyanti. (2009). Meningkatkan Kompetensi Pedagogi dan Vokasional Melalui Metode Peer Teaching dan Kooperatif Jigsaw pada Mata Kuliah Sistem Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 19, No.1, Mei 2010, Hlm 141.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryasubrata, Sumadi. (1987). Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta: Rajawali.

Tim Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Tugas Akhir Skripsi FT-UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka.

Usman, Moh Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Winastaman Gora dan Sunarto. (2010). PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Zaini, Djamarah, B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.