Kontribusi Mata Kuliah Media Pembelajaran dan Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa pada Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Jrusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Putri Ade Pratama, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah media pembelajaran (X1). (2) Mengetahui prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah micro teaching (X2). (3) Mengetahui tingkat kesiapan mengajar mahasiswa PLP (Y). (4) Mengetahui hubungan X1 terhadap Y. (5) Mengetahui hubungan X2 terhadap Y. (6) Mengetahui hubungan X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y. Jenis penelitian ini ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tingkat prestasi belajar mata kuliah media pembelajaran 100% lulus. (2) Tingkat prestasi belajar mata kuliah micro teaching 98,8% lulus. (3) Tingkat kesiapan mengajar mahasiswa PLP masuk dalam kategori tinggi. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara mata kuliah media pembelajaran terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP. (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara mata kuliah micro teaching terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP. (6) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara mata kuliah media pembelajaran dan micro teaching secara bersama-sama terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP.

References


Jamal Ma’mur Asmani. (2010). Micro Teaching dan Team Teaching. Yogyakarta: DIVA Press.

Undang-ndang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. (2015). Peraturan Akademik Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.