Evaluasi Pelaksanaan Sistem Blok pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian DPIB SMK Negeri 1 Magelang

Regina Aviliani, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran gambar teknik di kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Magelang.

Metode evaluasi yang digunakan adalah metode CIPP yaitu context, input, process, dan product atau dapat diartikan sebagai konteks, masukan, proses, dan hasil. Subyek penelitian adalah Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Magelang. Sedangkan obyek penelitian adalah pelaksanaan sistem blok. Dengan sumber data yaitu siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang berjumlah 2 kelas dan masing – masing kelas memiliki 32 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan berupa kuantitatif dan kualitatif dengan analisis deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) konteks penerapan pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran gambar teknik telah berjalan dengan baik, dilihat dari latar belakang mengatasi keterbatasan ruangan yang ada dan mengikuti kurikulum yang digunakan. Namun, dari segi pelaksanaan jam pelajaran masih kurang baik dikarenakan kurangnya jam pelajaran. (2) Penerapan pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran gambar teknik sudah baik dalam aspek siswa dan guru. Namun, dalam aspek sarana dan prasarana masih perlu beberapa perbaikan. (3) Pelaksanaan pembelajaran tidak mengalami kendala yang berarti, serta guru dan siswa sangat mendukung proses pembelajaran. (4) Hasil pembelajaran dengan menggunakan sistem blok yang dicapai sudah baik berdasarkan hasil belajar siswa.


References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar. (2010). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Tri (2016). Modul Gambar Teknik SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta

Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Indonesia. (2009). Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas.

Nölker, Helmut, & Schoenfeldt, Eberhard. (1983). Pendidikan Kejuruan. (Alih bahasa: Agus Setiadi). Jakarta : Gramedia

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.