ANALISIS GEJALA STEREOTYPE PADA LUKISAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP

Ratri Dwi Purama

Sari


Abstrak
 
  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gejala  stereotype yang ada pada anak sekolah dasar di Kecamatan
Binangun Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan empat
tahapan penyajian yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi dan evaluasi. Data diperoleh dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa  terdapat tiga macam gejala  stereotype pada anak
sekolah dasar kelas 4-5-6 di Kecamatan Binangun yaitu: (1) gejala Stereotype  total yaitu perulangan  semua bentuk
yang ada pada lukisan pertama ke lukisan kedua, (2) gejala Stereotype objek merupakan perulangan bentuk tertentu
pada suatu lukisan, (3) gejala  stereotype  unsur dimana anak memaksakan  mengulang  suatu bentuk  tidak pada
tempatnya atau mengulang bentuk bebas. Gejala  Stereotype muncul karena dua faktor yaitu faktor  Intrinsik  (dari
dalam siswa) dan faktor Ekstrinsik (faktor dari luar).

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.