PEMBELAJARAN KOLASE HERBARIUM DI KELAS XI IPS 3 SMA N 3 KLATEN

Karina Rahmaniar Maharani,

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kolase herbarium di kelas XI
IPS 3 SMA N 3 Klaten  dan mendeskripsikan hasil  pembelajaran berupa  karya seni rupa dua dimensi
menggunakan media  herbarium. Jenis penelitian  ini menggunakan penelitian  kualitatif dengan metode
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran kolase herbarium di kelas
XI IPS 3 SMA N 3 Klaten, meliputi: (a) kegiatan persiapan (penyampaian materi); (b) kegiatan
pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pendahuluan dengan memperlihatkan contoh karya dilanjutkan
kegiatan inti membuat sketsa penyusunan, kegiatan menempel,  finishing  karya, dan kegiatan penutup
dengan evaluasi hasil karya; (c) penilaian karya seni herbarium dengan kualitatif menggunakan bahasa
verbal; (2) Karya seni herbarium siswa yang dikategorikan sangat baik (SB) berjumlah 6 karya, kategori
baik (B) berjumlah 14 karya, kategori cukup baik (CB) berjumlah 7 karya, serta kategori kurang baik
(KB) berjumlah 3 karya.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.